komponen CVT dan fungsinya

seperti artikel dalam kategori matic yang sebelumnya bahwa yang membedakan motor CVT atau motor matic dengan motor transmisi manual adalah CVTnya.

ngomong-ngomong di dalam CVT ada apanya ya…

oke dalam pembahasan kali ini kita akan mengupas tentang komponen CVT dan fungsinya.

komponen CVT dan fungsinya adalah sebagai berikut:

didalam CVT ada 4 komponen utama yaitu

1)primery sheave
2)v-belt
3)secondary sheave
4)gear reduksi

1)-di primery sheave sendiri ada beberapa komponen pendukung yaitu

-fixed sheave

berfungsi sebagai penahan v-belt.komponen ini tidak bergerak.berbentuk piringan,biasanya bagian sisinya menyerupai kipas sebagai pendingin mesin.

-sliding sheave

komponen ini berfungsi menekan v-belt dalam putaran tinggi.karna sliding sheave ini dapat bergerak kekanan ataupun ke kiri.

-collar

fungsinya adalah sebagai tempat dudukan dari fixed sheave,sliding sheave dan cam

-cam

fungsinya sebagai tempat dudukan slider

-slider

fungsinya sebagai pendorong roller yang roller sendiri akan mendorong sliding sheave.slider ini bergerak saat putaran mesin tinggi.

-roller

fungsinya sebagai penekan sliding sheave,cara kerjanya sesuai putaran mesin,apabila putaran mesin tinggi roller ini menekan sliding sheave dan begitu pula sebaliknya gaya di atas biasa di sebut gaya sentrifugal.

selanjutnya kita ke poin yang kedua,yaitu

2)-v-belt

fungsinya sendiri adalah sebagai penghubung antara sliding sheave dan secondary sheave yaitu meneruskan putaran mesin dari sliding sheave.biasanya v-belt ini memiliki gerigi-gerigi yang di rancang agar v-belt tidak terlalu panas akibat gesekan terus menerus.

poin selanjutnya adalah

3)-secondary sheave

didalam secondary sheave juga ada beberapa komponen penting yaitu

-sliding sheave

berfungsi menekan v-belt.perbedaan sliding sheave di secondary sheave  dengan sliding sheave di primary sheave adalah tidak memiliki sirip.

-fixed sheave
berfungsi sebagai penahan v-belt  atau bagian statis.

-per

berfungsi sebagai pendorong sliding sheave

-torque cam

berfungsi membantu menekan otomatis sliding sheave pada saat motor  memerlukan akselerasi.

-clutch housing

biasa disebut rumah kopling fungsinya adalah penerus putaran dari v-belt ke poros roda

-sepatu kopling

fungsinya adalah sebagai penghubung putaran ke poros roda belakang.sistem kerjanya model sentrifugal yaitu bekerja sesuai putaran tinggi redahnya.

poin terakhir adalah

4)-gear reduksi

fungsinya sendiri adalah sebagai menyeimbangkan putaran mesin dengan roda.selain itu juga sebagai pendongkrak tenaga.bisanya ada oli khusus untuk melumasi gear agar mengurangi gesekan.

itulah komponen CVT dan fungsinya semoga dapat menambah wawasan sobat SEMUA

 

One response to “komponen CVT dan fungsinya

  1. Pingback: komponen CVT dan fungsinya | "SAENAL_ABIDIN"·

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s