SEGALA MACAM JENIS MACAM KABEL DAN PENGERTIANNYA PADA SEPEDA MOTOR

 

Bottom of Form

 

SUZUKI
Hitam-Putih : (-) Massa, berlaku untuk semua negatif
Putih-Merah:(+) Pengisian dari magnet
Kuning-putih:(+) Untuk ke penerangan
Merah :(+) Aki
Oranye :(+) Kunci kontak
Abu-abu :(+) Lampu belakang
Putih-Hitam :(+) Lampu rem
Hijau muda :(+) Sein kanan
Hitam :(+) Sein kiri
Kuning-putih :(+) Lampu depan
Putih?Biru :(+) Koil ke CDI
Biru-Kuning :(+) Pulser ke CDI

HONDA
Hijau :(-) Masa, berlaku untuk semua negatif
Merah :(+) Aki
Hitam :(+) Kunci kontak
Putih :(+) Alternator pengisian (+) Lampu dekat
Kuning :(+) Arus beban ke saklar lampu
Biru :(+) Lampu jauh
Abu-abu :(+) Flaser
Biru laut :(+) Sein kanan
Oranye :(+) Sein kiri

KAWASAKI
Hitam-Kuning :(-) Masa
Putih-Merah :(+) Aki
Merah-Hitam :(+) Lampu depan jauh/dim
Merah-kuning :(+) Lampu depan dekat
Abu-abu :(+) Sein kanan
Hijau :(+) Sein kiri
Biru :(+) Lampu rem
Merah :(+) Lampu belakang
Coklat :(+) Klakson

YAMAHA
Hitam :(-) Masa, berlaku untuk semua negatif
Merah :(+) Arus positif dari Aki
Kuning :(+) Lampu depan jauh
Hijau :(+) Lampu depan dekat
Coklat :(+) Sein kiri
Hijau :(+) Arus beban (penerangan dll)
Putih-Merah :(+) Pulser CDI
Hijau-Hitam :(+) Rem

 

 

Hitam Kuning : (+) Koil

Biru-Kuning :(+) Pulser CDI
Hijau-Kuning :(+) Lampu rem
Coklat :(+) Lampu kota
Hitam-Merah :(+) Spul CDI
Hitam-Putih :(+) Kunci kontak

 

 

 

Gambar kuprok

 

 



 

 

 

 

 

 

Prinsip Kerja Kelistrikkan Pada Sepeda Motor

 

Sepeda motor pertama kali dinyalakan menggunakan motor starter (motor startermerupakan tipe motor dc). Motor starter adalah komponen kendaraan sebagai penggerak mulauntuk menghidupkan mesin sepeda motor.Gambar 1. Motor StarterAdapun motor starter pada sepeda motor terdiri atas dinamo starter, magnet switch starter daninstalasi kabel sistem starter. Dinamo starter ini akan merubah energi listrik dari aki menjaditenaga gerak (putar). Magnet switch starter berfungsi sebagai saklar penerus energi listrik dariaki ke dinamo starter. Penggunaan magnet switch starter ini guna untuk mencegah terbakarnyakontak poin dari sakelar starter yang ada di stang sepeda motor. Dinamo starter membutuhkankuat arus listrik yang sangat besar, sehingga pemutusan dan penerusan arus listrik pada sakelarakan dapat menimbulkan loncatan bunga api listrik di dalam sakelar. Jika sakelar terbuat dariplat kecil dan tipis , maka panas dari loncatan bunga api listrik ini akan membuat sakelar mudahmelengkung.Sehingga sakelar menjadi rusak. Jadi penggunaan magnet switch starter sangatdiperlukan untuk menjaga kerusakan yang dapat terjadi pada sakelar starter di stang sepedamotor.

 
 

 

 Gambar 2. Bagian-bagian dari Motor Starter (a) Rotor Dengan Komutator, (b) Field Coil, (c)Armature Coil, (d) Dinamo Starter, (e) SikatSetelah mesin menyala, sistem pengisian bekerja menyuplai arus listrik.

 

Sistem pengisian adalah sistem kelistrikan pada kendaraan baik sepeda motor atau mobil untuk mengisi aruslistrik ke dalam aki, atau bisa disebut dengan alat charger di kendaraan. Jadi sistem pengisianpada kendaraan sangatlah penting , karena kebutuhan listrik pada kendaraan sangat dibutuhkanpada mesin dan kebutuhan aksesories kendaraan lainnya. Jika tidak ada suplai listrik , maka mesin tidak dapat hidup. Dan jika tidak ada suplai listrik pada kendaraan ,maka lampu ,danaksesories lainnya tak akan dapat menyala. Sementara seperti telah kita ketahui, bahwa suplailistrik dari aki tidak akan bertahan lama, karena listrik yang ada pada aki sangat terbatas jumlahnya dan dapat habis bila tidak di charge, karena itulah sistem pengisian sangatdiperlukan pada kendaraan.

 

Sistem pengisian pada kendaraan terdiri atas komponen – komponen sebagai berikut :

 

 1.Alternator sebagai pembangkit tenaga listrik.

2.Regulator sebagai pengatur tegangan yang dihasilkan oleh alternator.

 

Komponen sistem pengisian pada sepeda motor sebenarnya sama , hanya berbedaistilahnya saja , yaitu :

  1. Spul pengisian dan magnet : berguna untuk menghasilkan tenaga listrik

 2. Kiprok : sebagai pengatur tegangan yang dihasilkan oleh sepul pengisian dan magnet

3. Spull dan Kiprok 

 

Cara kerja sistem pengisian secara umum sebagai berikut :
Alternator pada mobil menerima putaran dari mesin, sehingga bagian rotor dari alternator akan berputar dan menghasilkan listrik. Listrik yang dihasilkan tersebut akan dialirkan ke regulator untuk diatur tegangannya sebelum disuplai ke komponen-komponen yang membutuhkan suplai listrik. Kelebihan suplai listrik akan dialirkan ke aki sekaligus untuk mencharge aki.

Sementara cara kerja sistem pengisian pada sepeda motor adalah sama :
Magnet pada sepeda motor berputar karena menerima putaran dari crankshaft. Gaya magnet ini akan memotong spul pengisian sehingga menimbulkan arus listrik. Listrik yang dihasilkan ini akan dialirkan ke kiprok untuk diatur tegangannya sebelum dialirkan ke komponen listrik yang membutuhkan. Kelebihan listrik akan dialirkan untuk mencharge aki.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s