Memahami Regulator Rectifier

MEMAHAMI REGULATOR RECTIFIYER

Sistem pengisian pada sepeda motor. pada dasarnya adalah sama. berikut pembahasannya :


gambar di atas adalah posisi soket dari regulator.

Perbedaan yang mendasar dari system pengisian yang menggunakan regulator pada sepeda motor Yamaha, Suzuki, dan Honda, adalah pada letak terminalnya.
Regulator ketiga jenis sepeda motor ini bisa masuk ke soket yang ada di sepeda motor, tetapi regulator tidak akan bekerja, karena terminalnya salah.
Berikut ini table perbedaannya :

JENIS MOTOR

SOKET NO 1

SOKET NO 2

SOKET NO 3

SOKET NO 4

HONDA

KUNING (ke lampu)

MERAH (ke batteray)

HIJAU (massa)

PUTIH (dari spull pengisian)

SUZUKI

PUTIH/MERAH (dari spull pengisian)

HITAM/PUTIH (massa)

MERAH (ke batteray)

KUNING/PUTIH (ke lampu)

YAMAHA

KUNING (ke lampu)

HITAM (massa)

MERAH (ke batteray)

PUTIH (dari spull pengisian)


Secara rangkaian system pengisian ketiga motor itu masih sama, hanya warna kabel dan posisi soket sja yang membedakannya.


MEMBACA SOKET CDI

Binggung mau ganti CDI. sedikit gambar berikut mungkin bisa membantu.
Dengan mengetahui jalur dan soketnya kita dengan mudah bisa konversi macam macam CDI. tentunya tanya dulu sama yang tau cocok dak kalau dipasang, jangan sampai cdi ac dipasang cdi dc.


TYPE MOTOR

SOKET 1

SOKET 2

SOKET 3

SOKET 4

SOKET 5

SOKET 6

JUPITER & MIO

KOIL (ORANGE)

MASSA (HITAM)

SUMBER ARUS 12 V (COKLAT)

MASSA (MERAH)

PULSER (PUTIH)

KOSONG

SATRIA 150 F

KOIL (PUTIH/BIRU)

MASSA (HITAM/PUTIH)

PULSER (BIRU/KUNING)

MASSA (ORANGE)

TACHOMETER

12 VOLT (HIJAU/PUTIH)

SATRIA 120 R

12 VOLT (ORANGE/PUTIH)

KOSONG

PULSER (HIJAU/PUTIH)

MASSA (HITAM/PUTIH)

MASSA (BIRU/KUNING)

KOIL (PUTIH/BIRU)

SMASH 110

KOIL

MASSA

PULSER

MASSA

KOSONG

12 VOLT


TYPE MOTOR

SOKET 1

SOKET 2

SOKET 3

SOKET 4

SOKET 5

SUPRA SERIES

MASSA

PULSER

KUNCI KONTAK

SPULL INPUT

KOIL


TYPE MOTOR

SOKET 1

SOKET 2

SOKET 3

SOKET 4

SOKET 5

SOKET 6

SHOGUN 110

MASSA

PULSER

KOIL

KOSONG

12 VOLT

KOSONG

SHOGUN 125

MASSA

PULSER

KOIL

KOSONG

12 VOLT

KOSONG

TIGER 2000

MASSA

PULSER

KOIL

MASSA

SPULL INPUT

KUNCI KONTAK

MEGA PRO

MASSA

PULSER

COIL

KOSONG

12 VOLT

KOSONG


TYPE MOTOR

SOKET 1

SOKET 2

SOKET 3

SOKET 4

KARISMA 125

KOIL

MASSA

12 VOLT

PULSER


TYPE MOTOR

SOKET 1

SOKET 2

SOKET 3

SOKET 4

SONIC 125 + KIRANA

12 VOLT

PULSER

MASSA

KOIL


SEMOGA BERMANFAAT BRO…..

Pemeriksaan pada Regulator Rectifier:


TIPE : HONDA GL PRO-MAK , GRAND-PRIMA
Tester : Sanwa, Skala Batas ukur : x 1 kΩ

PUTIH KUNING MERAH HIJAU
PUTIH ∞ 8,5 kΩ ∞
KUNING ∞ ∞ 30 kΩ
MERAH ∞ ∞ ∞
HIJAU ∞ 30 kΩ ∞

Gantilah regulator rectifier apabila nilai tahanan di antara masing-masing terminal hasilnya tidak sesuai dengan standar.

CIRI KOMPONEN PENGAPIAN MATI

Sistem pengapian bertugas menyediakan kilatan api untuk membakar bensin yg telah terkompresi. Syaratnya, waktu pengapian harus tepat dan power apiharus kuat. Pengapian lama dikenal tipe platina (konvensional) dan yg modern sudahelektronik (CDI).

Selanjutnya kita kupas khusus pengapianCDI, baik sumber arusnya searah (…aki/DC) maupun bolak-balik (AC/spul).

Komponenya mulai dr spul atau aki, CDI, KOIL, pulser dan busi. Bila terjadi kerusakan mendeteksinya pakai alat khusus, misalnya pakai multitester, spark plug tester atau ignition tester. Sayangnya tidaksemua bengkel memiliki alat ini, apalagi perorangan yg hobi utak-atik dirumah. Nah, ini sedikit berbagi cara mengetahui ciri-ciri kerusakannya.

KOIL

Fungsi koil menggandakan tegangan rendah dari aki atau spul menjadi ribuan kilo volt, dalemannya berisi kumparan primer dan sekunder. “menurut petunjuk buku manual kerusakan koil terdeteksi lewat besarnya tahanan kumparan. Bila menyimpang dari spesifikasi artinya rusak ”

Lalu, apaciri khas koil sudah wajib ganti.? “petanda koil rusak salah satunya bila mesin panas atau setelah berjalan beberapa kilometer tiba-tiba api hilang” bila koil bermasalah jarang bget apinya langsung hilang, kebanyakan busi masih memeletikkan api, tapi lompatannya kecil dan berwarna merah dan yg bagus berwarna putih kebiru-biruan. Enggak heran kalau mesin susah hidup.

CDI

Ada dua ciri khas bila capasitor discharge ignition (CDI) wajib ganti “percikan api pada busi hilang sama sekali dan mbrebet diputaran tinggi”.

Bila kasus pertama menimpa anda, mesin motor ngak bisa dinyalakan, adaperangkat elektronik dalam CDI yg mati/putus, bisa kapasitor atau pulsernya. Bila diukur dengan multitester , tegangan kabel yg mrnuju koil hilang sama sekali.

Berbedabila putaran mesin tersendat diputaran atas, menurut tuner mesin. “koil masih mengeluarkan tegangan tinggi tetapi tak sanggup melayani frekwensi tinggi” jd lompatan apinya terputus-putus, begitu puntiran gas diturunkan mesin normal kembali.

SPU L PENGAPIAN

Spul alias kumparan pengapian menyediakan sumber tegangan bolak-balik (AC), komponen ini khusus untuk pengapian CDI AC. Funsinya sama seperti aki Cuma bedanya tegangannya searah (DC). Spul putus atau terbakar tidak bisa memproduksi setrum “makanya bila komponen ini troble mesin mati total” pertanda spul terbakar secara fisik nampak gosong.

Berbeda pada CDI DC yg sumber tegangannya aki, bila aki rusak mesin masih bisa dihidupkan “asal sistem pengisian masih jalan, sebab suolai mesin digantikan oleh kiprok”, perlu diwaspadai bila aki tidak segera diganti sangatberbahayaterhadap CDI. Soalnya output kiprok tidak murni arus searah. Bila dideteksi dengan osciloscope masih terlihat adanya gelombang tegangan AC.

PULSER

Gejala pulser problem mirip dengan CDI. “bila belum parah mesin masih menyala tetapi endut-endutan”. Munculnya bisa diputaran bawah juga di rpm atas.

Bila kumparan didalam pulser putus maka tidak keluar tegangan samasekali, sehingga listrik yg seharusnya dikirim ke SCR dalam CDI terputus, setrum dalam kapasitor tidak tersalur ke koil sehingga mesin mogok.

BUSI

Busi yg mendekati kematian cirinya saat di starter muncul letupan dimoncong knalpot, mesin juga sulit dihidupkan, tetapi bila isolator dalam busi putus maka mesin mati total. Meskipun koil memproduksi tegangan tinggi akan terhambat. Alhasil, elektroda busi tak ada letikan bunga api

Komponen pengapian motor bisa saling tukar. Seperti magnet, pulser dan CDI monggo saling kanibal seperti kelakuan Sumanto. Beberapa tipe motor tertentu, peranti pengapian diorder pada satu vendor. Demi efisiensi agar tidak investasi, akhirnya dibikin sama.

“Seperti pengapian Kawasaki Kaze ZX 130 dengan Honda Karisma atau Supra X 125 yang memang sama. Dari magnet, CDI dan pulser,” jelas Tomy Huang, penemu dan pembuat CDI Cibinong yang sudah membuktiken itu.

Nah, jenis komponen dan motor apa saja yang bisa saling tukar. Simak yuk. Yongki

CDI ADA SYARAT
Tukar pake CDI nggak boleh asal colok. Urusannya berabe. “Perhatikan dulu jenis CDI-nya, DC (Direct Current) atau AC (Alternating Current), jalur kelistrikan beda. Jika dipaksain percuma, motor nggak bakal hidup, malahan kotak pengapian itu bisa rusak,” cerita Krisna ‘Kumis’ Murti, mekanik HRC Loaxan di Jl. Panjang, Cidodol, Jakarta Selatan.

Ini kejadian saat doi salah pasang CDI spek DC ke pengapian langsung dari spul alias AC. Alhasil meleduk tuh otak pengapian! Jadi amannya baca dulu spesifikasi bawaan motor yang CDI bakal diincar.

Misalkan Yamaha Jupiter, Jupiter-Z, Mio, Nouvo-Z sampai Jupiter MX speknya sama-sama DC, jadi bisa dikawinkan. Pastinya CDI Jupiter 105 cc jadi inceran karena limiter terletak di rpm tinggi lebih dari 11.000.

“Kalau kepepet pakai CDI punya Mio juga sip ke Jupiter-Z, bis kok,” bisik Kiswadi, bokap sekaligus mekanik Doni Tata saat final kejurnas road race 2005 di Sentul bulan lalu.

Apalagi colokannya sama alias tinggal pasang, buat di Jupiter MX yang beda tetap bisa diakalin. Kan udah dikupas MOTOR Plus di edisi 354/IV. Tapi lebih bagus lagi kalau Jupiter MX pasang CDI punya Mio.

Derajat pengapian CDI Mio dan Jupiter-Z beda sedikit. Mio api busi meletik 34 derajat sebelum TMA (Titik Mati Atas) pada putaran atas. Sedangkan Jupiter-Z 36 derajat sebelum TMA.

Favorit CDI DC lain yaitu bawaan Suzuki Shogun lawas keluaran 1997 dengan label Shindengen. “Cocok tuh buat Honda GL Max atau Neo Tech. Kalau untuk Smash mesti ubah colokan dulu,” komentar Dodo Zulianto, bos Dodo Sport Racing di Ciledug Raya, Kreo, Tangerang.

Berikutnya CDI bawaan Kawasaki Kaze 110 yang oke dikawinkan ke Honda Astrea 800, Star, Grand, Supra, Win, GL Max CDI dan GL-Pro CDI. Juga bisa masuk ke Honda Tiger asal diubah colokan, beli aja kabel bodi terus potong konektor yang diincar.

Mesin 2-tak juga bisa tukeran CDI. Macam kotak pengapian Suzuki RC100 yang klop ke RC80, RGR150, A-100 sampai TS125. Malahan bisa buat modifikasi Honda CB100 atau S90 biar nggak pakai platina lagi. Nggak mau kalah, CDI RX-King bisa dicaplok ke RX-S, RX-K sampai RX100. Sip, kan!

Reporter : V. Yongki K.
Fotografer : Heri Riswanto

Motorplus edisi:No 356 / VI, 24-31 December 2005



Tag:
komponen pengapian 1


7 responses to “Memahami Regulator Rectifier

  1. IL MOTOR LUBUK BEGALUNG dapat kan barang nya di bengkel spare part kami. lokasi : di depan central motor yamaha lubeg / di sebalah radio pesona 105 fm.
    PADANG
    HP:085264100020
    pin bb:29d4b762

    Daftar harga Suku Cadang Motor honda dan yamaha Terbaru 2014 Mega pro RingPiston197.000 Mega Pro Kabel Gas35.000 Mega Pro CDI 480.000 Mega Pro Shock Dpn Kiri 421.000. Shock Dpn Kanan 421.000 Mega Pro Shock Blkg318.000 Tiger Kampas Rem Dpn (Disk)-Lokal 30.000 Tiger Kampas Rem Depan (Disk)-Import 76.000 Tiger Kampas Rem Blkg tromol 60.000 Tiger Kampas Kopling Set 125.000 Tiger Saringan Udara 54.000 Tiger Rantai Roda Set 765.000 Tiger jari 2 Depan40.000 Tiger Piston154.000 Tiger Ring Piston 197.000 Tiger Kabel Gas 67.000 Tiger Kabel Kopling 30.000 Tiger CDI 410.000 Tiger Bola Lampu Blkg 20.000 Tiger Shock Dpn Kiri 530.000 Tiger shock Dpn Kanan530.000 Tiger Shock Blkg 494.000 Vario 110 Kampas Rem Dpn 43.000 Vario 110 Kampas Rem Blkg 63.000 Vario 110 Kampas Kopling Set 220.000 Vario 110 Saringan hawa 50.000 Vario 110 V-belt 130.000 Vario 110 CDI 470.000 kunci kontak set mio 160.000 kunci kontak set mio soul 225.000 kunci kontak set jmx 217.000 mangkuk2 stang mio/jupiter z 155.000 paking deksel mio 13.000 paking deksel jmx 23.000 shock blkg mio 155.000 noken as/as klep vixion 168.000 block rx king 1.148.000 gigi stater mio 167.000 gomok cvt 13.000 pen platuk klep mio 13.000 pen platuk klep jmx 20.000 tali speedo meter mio 17.000 kamvas kopling jupiter 88.000 seal klep mio 20.000 seal klep jmx 7.000 as engkol mio 145.000 as engkol xeon 115.000 karet tutup tangki 4.000 noken as jmx 245.000 Harga Kampas Rem Depan75.000 Harga Kampas Rem Belakang Rp. 45.000 Harga Kampas Kopling mio Rp. 243.000 Harga Saringan Udara Rp. 35.000 Harga V-belt Rp. 83.000 Harga Roller/buah Rp. 15.000 Harga Rumah Roller Rp. 67.000 Harga CDI Rp. 220.000 Harga Relay Starter Rp. 62.000 Harga Kabel Spidometer Rp. 25.000 Harga Piston Rp. 63.000 Harga Ring Piston Rp. 77.000 Harga Rocker Arm Rp. 125.000 Harga Sokbreker Belakang Rp. 161.000

    lampu depan merk WIN-Honda:

    – Grand, harga Rp 27.500,-
    – Prima, harga Rp 25.000,-
    – Supra, harga Rp 50.500,-
    – SupraX, harga Rp 50.000,-
    – Supra Fit, harga Rp 85.000,-
    – New Supra Fit, harga Rp 75.000,-
    – Karisma, harga Rp 85.000,-
    – SupraX125, harga Rp 90.000,-
    – SupraX125 07, harga Rp 100.000,-
    – mega pro harga Rp 150.000
    – mega pro new Rp 190.000,-
    – tiger Rp 150.000,-
    – Revo, harga Rp 75.000,-
    – Vario, harga Rp 110.000,-
    – vario techno Rp 110.000,-
    – vario 125 f1 Rp 150,.000,- beat
    – beat f1 Rp 85.000,-
    – scoopy Rp 110.000,-
    – spacy Rp 85,000,-

    LAMPU DEPAN MERK WIN-YAMAHA :

    – Alfa, harga Rp 27.500,-
    – FI, harga Rp 27.500,-
    – FIZR, harga Rp 30.000,-
    – Vega 04, harga Rp 35.000,-
    – Vega 06, harga Rp 55.000,-
    – vega zr
    – JupiterZ, harga Rp 70.000,-
    – JupiterZ 06, harga Rp 72.500,-
    – JupiterZ 10, Rp 77.500,-
    – MX, harga Rp 60.000,-
    – MX NEW 11, harga Rp 90.000,-
    – Mio, harga Rp 42.500,-
    – mio soul Rp 125.000,-
    – xeon Rp 125.000,-
    – xeon new
    – xeon gt
    – mio soul gt
    – vixion 1 Rp 75.000,-
    – vixion 2 Rp 125.000,-
    – new vixion Rp 175.000,–
    – byson Rp 165.000,-

    lengan ayun BELAKANG/SWING ARM merk ptm
    – Grand, hitam, Rp 110.000,-
    – GL Pro, hitam, Rp 110.000,-/pc
    – FIZR, hitam, Rp 110.000,-/pc
    – Jupiter-Z, hitam, Rp 110.000,-/pc
    – RXK, hitam, Rp 110.000,-/pc
    – Tornado/Shogun, hitam, Rp 110.000,-

    LAMPU STOP :
    – Grand, harga Rp 50.000,-
    – Prima, harga Rp 42.500,-
    – Supra, harga Rp 70.000,-
    – SupraX, harga Rp 73.500,-
    – SupraX125, harga Rp 77.500,-
    – Supra Fit, harga Rp 60.000,-
    – Supra Fit New, harga Rp 65.000,-
    – Legenda 2, harga Rp 46.000,-

    LAMPU STOP MERK WIN/TGP-YAMAHA :
    – FIZR/Vega lama, harga Rp 61.000,-
    – VegaR 04, harga Rp 57.500,-
    – Jupiter, harga Rp 56.000,-

    Lampu Stop merk WIN/tgp
    – Vega R New, Rp 65.000,-/pcs
    – JupiterZ New, Rp 65.000,-/pcs
    – Jupiter MX, Rp 60.000,-/pcs
    – Mio, Rp 60.000,-/pcs
    – Vario, Rp 70.000,-/pcs
    – Tiger CW, Rp 60.000,-/pcs

    Knalpot
    – honda win – ptm Rp 135.000,-
    – c 700 – ptm Rp 135.000,-
    – supra fit – asli AHM Rp 245.000,-
    – kharisma – max Rp 210.000,-
    – grand – ptm Rp 135.000,-
    – prima – ptm Rp 135.000,-
    – revo – ptm Rp 165.000,-
    – revo absolute – ptm Rp 210.000,
    – supra x – ptm Rp 145.000,-
    – gl pro – ptm Rp 200.000,-
    – mega pro – ptm Rp 225.000,-
    – tiger – ptm Rp 225,000,-
    – beat – ptm Rp 260.000,-
    – supra x 125 – ptm Rp 210.000,-
    – supra x 125 new – ptm Rp 210.000,-

    Regulator Grand/ GL Pro Honda
    11-00547

    Rp. 105,000
    Add to Cart

    Regulator Tiger Honda
    11-00640

    Rp. 273,000
    Add to Cart

    Regulator Kharisma/ Supra X125 Honda
    11-01076

    Rp. 225,000
    Add to Cart

    Regulator Vario Honda
    11-01722

    Rp. 110,000
    Add to Cart

    Regulator Kirana Honda
    11-00188

    Rp. 245,000
    Add to Cart

    Regulator Satria malay Suzuki
    11-00329

    Rp. 147,000
    Add to Cart

    Regulator Satria/ Shogun Suzuki
    11-00507

    Rp. 115,000
    Add to Cart

    Regulator Shogun 125/ Smash Suzuki
    11-01330

    Rp. 102,000
    Add to Cart

    Regulator Thunder 125 old Suzuki
    11-01340

    Rp. 243,000
    Add to Cart

    Regulator Thunder 125 new Suzuki
    11-00251

    Rp. 255,000
    Add to Cart

    Regulator Vega new/ Jupiter/ Jupiter Z/ RXK new Yamaha
    11-01329

    Rp. 130,000
    Add to Cart

    Regulator Vixion Yamaha
    11-01912

    Rp. 251,000
    Add to Cart

    Regulator Kaze Kawasaki
    11-00424

    Rp. 103,000
    Add to Cart

    Regulator Blitz/ Edge Kawasaki
    11-01122

    Rp. 125,000
    Add to Cart

    Regulator KLX=ZX Kawasaki
    11-01972

    Rp. 150,000
    Add to Cart

    Regulator CS-1 Honda
    11-02090

    Rp. 120,000
    Add to Cart

    Regulator ZX 130 Kawasaki
    11-01598

    Rp. 103,000

    KHUSUS BAN FDR KITA DISKON HARGA 10%

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s